10 Des 2011

Kuliah umum bersama DR. Son


Salam Yes !
Kuliah umum, hari Sabtu 3 Desember 2011, YAPPANN Kelompok Belajar Sukabumi  mendatangkan seorang nara sumber  Staf Ahli Mendagri yaitu Bapak DR.Ir. Son Diamar, M.Sc. aka Bapak Sondi. Mata kuliah yang berjudul " Analisis dan Inovasi Kebijakan Pembangunan".
Hmmm...begitu mendengar nara sumbernya adalah seorang Staf Ahli dari Bapak Joko, rasanya hati kami keder :D . Apalagi saat Pak Yani salah satu mahasiswa untuk  membacakan kurikulum vitae-nya Pak Sondi yang begitu syarat pengalaman baik di dalam maupun di luar negeri, beliau begitu mumpuni. Suasana tegang pada saat perkuliahan langsung buyar saat beliau datang dengan senyum dan keramahannya. Proses perkuliahan pun begitu interaktif dengan jokes yang cerdas dan tajam .

Ada beberapa catatan yang sangat penting  dari perkuliahan beliau. Ada lima kesalahan mendasar dalam pembangunan ini, yaitu :
  1. Proses birokrasi yang kerja sendiri-sendiri "fragmented", egoisme sektoral.
  2. Input hanya mengandalkan APBN/APBD , karena kurangnya ilmu pengetahuan untuk mengembangkan asset potensial dan SDA.
  3. Kebijakan fiskal tidak mendorong SDA untuk menjadi modal sendiri, sehingga dikuasai asing.
  4. Perbankan yang kurang cerdas dengan agunan dan equity yang tak logis.
  5. Otonomi yang setengah hati.
 Berbagai solusi yang ditawarkan beliau dalam menyelesaikan masalah di republik ini yang sangat realistis dan efisen tanpa harus kita disetir para pemodal asing. Kesimpulannya kuliah umumnya sangat bergizi tinggi, terima kasih Pak Joko :D

contact person :
DR. Ir. Son Diamar, M.Sc.
s_diamar@yahoo.com



1 comments: